Dampak Positif Merger XL Axiata dan Smartfren: ‘Minimalkan Tumpang Tindih, Maksimalkan Pertumbuhan’

Dari sisi produk, Smartfren tetap mempertahankan diferensiasi melalui layanan unlimited internet, yang dibagi menjadi tiga varian: Unlimited Harian, Unlimited Nonstop, dan Kuota Unlimited. Strategi ini dinilai mampu menjaga loyalitas pelanggan di tengah tren konsumsi data yang terus meningkat.

Selain strategi produk, XL Smart juga memperkuat pendekatan komunikasi dan kegiatan engagement pelanggan melalui media digital dan event berskala nasional.

Salah satu agenda utama adalah Smartfren Fun Run 2025, bagian dari rangkaian Smartfren Run Series yang digelar di 34 kota di Indonesia. Inisiatif ini menjadikan Smartfren sebagai operator pertama yang menggelar event lari di 34 kota, dan tengah diajukan untuk meraih rekor MURI.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Sinyal Kuat Indosat, Buat Silahturahmi Pemudik Kapal Pelni Lebih Nyaman

Untuk Batam merupakan ajang ke-23 yang akan digelar pada Minggu, 19 Oktober 2025 mendapat sambutan tinggi. Sebanyak 500 tiket peserta habis terjual dalam waktu kurang dari seminggu. “Kami ingin menjaga kualitas pengalaman peserta. Karena itu, jumlah peserta dibatasi agar tetap eksklusif,” kata Sukaca.

Selain fun run, Smartfren juga menggelar ajang Professional Run di Jakarta bekerja sama dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), mencakup kategori 5K, 10K, dan Marathon.

Efisiensi dan Nilai Tambah Pasca-Merger

Konsolidasi XL Axiata dan Smartfren diperkirakan akan memberikan efisiensi operasional signifikan, terutama pada aspek infrastruktur jaringan dan biaya pemasaran. Dengan basis pelanggan gabungan yang kini melampaui 100 juta pengguna, XL Smart berpotensi memperluas penetrasi data dan memperkuat daya saing terhadap Telkomsel dan Indosat Ooredoo Hutchison.

BACA JUGA:  Gelar IFSE dan BFN, OJK dan AFTECH Maksimalkan Ekosistem Fintech Nasional

“Sinergi jaringan dan sumber daya akan meningkatkan kualitas layanan, mempercepat ekspansi teknologi 5G, dan membuka peluang monetisasi baru di sektor digital,” jelas Sukaca.

“Dengan tagline Bersama Melaju Tanpa Batas, XL Smart bukan sekadar entitas baru, tapi simbol efisiensi, inovasi, dan kolaborasi lintas grup bisnis,” tutup Sukaca.(Iman Suryanto )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *