Dewan Kepri Minta Pemerintah Daerah Perbaiki Akses Jalan ke Pelabuhan Bintang 99

IDNNEWS.CO.ID, BATAM – Komisi III DPRD Provinsi Kepri meminta pemerintah untuk secepatnya memperbaiki akses jalan ke Pelabuhan Bintang 99 yang sejak Desember 2024 lalu, telah resmi dijadikan sebagai pelabuhan tambat kapal penumpang PT Pelni (Persero).

Kondisi yang ada saat ini dinilai sangat tidak tepat menggambarkan Batam sebagai kota industri yang terus berkembang.

“Akses jalan ini salah satu infrastruktur yang harus diperbaiki. Tadi saat kita tanya ke BP Batam, katanya di 2025 ini sudah dianggarkan. Kita minta agar segera direalisasikan,” kata anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepri, dr H. Jusrizal, kepada awak media, Jumat (3/12/2025) sore.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Audiensi dengan PLN Batam, Polda Kepri Siap Bekerjasama Jaga Keandalan Pasokan Listrik

Sebagaimana diketahui, sejumlah anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepri melakukan inspeksi ke Pelabuhan Bintang 99 berkaitan dengan momen arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2025.

Lembaga legislatif itu ingin memastikan agar publik dalam ini khususnya para penumpang benar-benar terlayani dengan baik di Pelabuhan tersebut.

“Kita apresiasi Pelabuhan Bintang 99 yang notabene dikelola oleh perusahaan swasta berkenan menjadi tempat sandar kapal penumpang Pelni ini. Memang, secara umum kita lihat pelayanan sudah lebih bagus terutama dibandingkan ketika masih di pelabuhan lama,” ujarnya.

Namun demikian, akses jalan raya menuju Pelabuhan Bintang 99 itu boleh dikatakan masih memprihatinkan. Sepanjang jalan berdebu dan belum teraspal dengan baik sehingga sangat mengganggu kenyamanan saat menuju pelabuhan itu.

BACA JUGA:  Stok Aman dan Terjaga, Pertamina Klaim Kepri Siap Hadapi Momen Nataru

“Ini sangat jauh dari yang diharapkan untuk ukuran kota Batam,” tegasnya.

Disamping terkait akses jalan raya menuju pelabuhan tersebut, hal lain seperti fasilitas infrastruktur penumpang saat akan masuk menuju kapal dan atau saat keluar dari kapal juga perlu diperbaiki.

Seperti halnya di Pelabuhan Tanjung Periok, Jakarta atau Pelabuhan Belawan, Medan untuk layanan penumpang Pelni telah sersedia tangga belalai atau garbarata yang memudahkan penumpang saat masuk atau turun kapal.

Karena itu semua stakeholder terkait seperti BP Batam, Pelni, Pengelola Pelabuhan dan lainnya diminta dapat terus berkolaborasi meningkatkan fasilitas pelayanan penumpang kapal ini baik infrastruktur maupun suprastruktur.

BACA JUGA:  Dorong Efisiensi dan Inovasi Pelanggan Corporate, Telkom Group Hadirkan 5G dan Digital Manufacturing

“Pelayanan di Pelabuhan harus terus ditingkatkan. Ini sangat penting agar lebih pelayanan lebih manusiawi lagi,”tambahnya.

Direktur Pelabuhan BP Batam, Dendy Gustinandar belum dapat dihubungi perihal konfirmasi peningkatan pelayanan Pelabuhan ini. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *