Pemko Batam Berkomitmen Mempermudah Pelayanan untuk Masyarakat

IDNNEWS.CO.ID , BATAM- Pemerintah Kota Batam terus berupaya untuk mempercepat dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Batam. Mewujudkan hal itu Pemerintah Kota Batam menggelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Sampah, Kependudukan dan Prasarana Gedung Pemerintahan yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd.

Rapat dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra sekaligus Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Yusfa Hendri, Asisten Administrasi Umum, Heriman. HK, Kepala Bappeda Kota Batam, Dalina Nopilawati, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batam, Azril Apriansyah dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Taufik, A.P.

“Sesuai dengan arahan Wali Kota Batam dan Ibu Wakil Wali Kota Batam, Bapak Amsakar Achmad dan Ibu Li Claudia Chandra, bahwa pelayanan kepada masyarakat harus cepat dan tepat waktu. Melalui rapat ini Kita akan mengevaluasi sistem pelayanan yang selama ini sudah berjalan, untuk memberi kemudahan kepada masyarakat dalam hal pelayanan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Melalui rapat itu dibahas terkait pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kantor Disdukcapil dan di kecamatan.

Selama ini proses awal perekaman dan pencetakan KTP dilaksanakan di Disduk Capil. Namun jika masyarakat sudah memiliki NIK dapat melakukan perekaman di kecamatan dan pencetakan di Disdukcapil. Dari 12 kecamatan, 10 kecamatan sudah memiliki alat perekam.

“Jika memang diperlukan anggaran untuk pengadaan Komputer dan printer di kecamatan, sebaiknya diusulkan. Sehingga di kecamatan tidak hanya melakukan proses perekaman saja tapi juga pencetakan KTP,” ungkapnya.

Terkait pengelolaan sampah di Kota Batam, menurutnya sampai saat ini dari hulu ke hilir dilaksanakan oleh DLH Kota Batam. Ia meminta DLH Kota Batam untuk membuat formula sistem pengelolaan sampah di Kota Batam.

Selanjutnya rencana pengelolaan sampah tersebut disampaikan kepada pimpinan untuk mengetahui langkah lebih lanjut.(*)

Pos terkait