Kuliner Asli Kepri ‘Tembus’ Pasar Global, Kadis Koperasi UMKM: Dikirim hingga ke China dan Arab Saudi

IDNNEWS.CO.ID, BATAM – Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tengah ‘gencar-gencarnya’ memperkuat daya saing UMKM agar lebih mudah menambah pangsa pasar dan memperluas jangkauan ke pasar global.

Kegiatan ini sengaja digelar melalui Pekan Pengembangan Ekspor yang digelar di beberapa daerah salah satunya di Kota Batam.

Merespon hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kadis Koperasi UMKM) Provinsi Kepulauan Riau, Riki Rionaldi menyambut baik adanya pendampingan tersebut.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Momen Kemerdekaan, QRIS Secara Resmi Bisa Digunakan di Jepang

Menurutnya,dengan adanya kegiatan ini diyakin bisa membuat UMKM di seluruh wilayah Provinsi Kepri bisa terus maju ke pasar global.

“Saat ini, ada ratusan UMKM yang kita dampingi di wilayah Kepri yang telah menembus pasar global. Dan kegiatan ini juga sediki banyak bisa memotivasi UMKM-UMKM lainnya untuk bisa mengembangkan diri,” tegas Riki, disela-sela Bincang Bersama Media BI Kepri pada Jumat (15/8/2025) pagi.

Dari ratusan pelaku UMKM ini, tegasnya, berasal dari UMKM yang bergerak dalam ragam usaha dan segmentasi. Mulai dari makanan dan minuman hingga fesyen.

“Dari segmentasinya, mayoritas jenisnya makanan ringan hingga frezon food khas asli Kepri. Dengan daerah tujuan, Singapura dan Malaysia hingga China serta Arab Saudi,” tegasnya.

BACA JUGA:  Wartawan Senior Tempo Ajak Jurnalis Kepri Mengolah Data 'Kering' Menjadi Berita Menarik

Sebelumnnya, Menteri Perdagangan Budi Santoso mengatakan bahwa pekan Pengembangan Ekspor hadir sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk terus memperkuat daya saing UMKM agar lebih mudah menambah pangsa pasar dan memperluas jangkauan ke pasar global.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *